11/09/11

6 P

bulan ini thema Gereja tempatku ibadah adalah 'Keluarga yang dipulihkan dan diberkati'. hari ini diajarin sama Ko Yotam tentang '6 P' apa itu 6P, he?? (kasih tau nggak ya? :p)

efesus 2:19-22

19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, 20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. 21 Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. 22 Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.


untuk menjadi Keluarga yang diberkati
kita perlu 6 P buat KELUARGA KITA:

1. Proaktif
P yang pertama adalah proaktif, yaitu kemampuan untuk memiliki respon, memberi tanggapan. "cinta bukan karena kasihan, tapi karena ada nilai hidup,Tuhan mau kita lakukan itu (tanggapan-respon)". analoginya seperti ini, masa sih karena kasihan kita nerima cinta dari seseorang gara2 doi udah ditolak berkali-kali??? see?? nggak kan..hayo anak Tuhan nggak boleh gitu :p. trus hubungannya sama proaktif? la itu, kita memberi tanggapan terhadap keadaan sekitar (dalam keluarga) karena kita tau ada nilai2 kebenaran di situ, nggak pake acara pamrih atau sok2an kasian.. sekecil apapun tanggapan yang kita berikan terhadap keluarga (atau orang2 terkasih) sangat berguna.
jangan terlalu cuek dan sok nggak peduli, kalo toh mau dan mampu menolong, kenapa nggak?
so, mari jadi dewasa, bukan dewasa yang abal2, tapi dewasa yang bertanggung jawab, fokuskan energi, hidup, dan waktu ke hal2 yang positif. 
ayo mulai melakukan sesuatu tanpa disuruh orang tua, karena tau ada nilai2 yang benar :D

2. Provider
apa maksudnya Provider (penyedia kebutuhan) ?? di sini nggak bicara soal provider materi(meskipun hal itu nggak salah sama sekali), tapi lebih ke kesediaan diri kita untuk available buat orang2 terkasih, terutama keluarga. Lewat hidupmu, Tuhan mau kamu jadi penyedia di keluarga dalam hal apapun, misalnya menjadi seorang penghibur ketika saudara bahkan orang tua sedang sedih, menyediakan waktu untuk mendengar curhatan orang2 terkasih, membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah, yahh..hal sepele sebenernya, tapi itu investasi kita!!

"bagi Tuhan nggak ada yang mustahil" kamu bisa kok jadi provider buat keluargamu, tapi yang jadi masalah...jeng jeng..masalahnya.. "Orang tersebut lagi butuh atau nggak?" misalnya kita melakukan ataupun menyediakan hal apapun yang orang tersebut nggak minta, kita malah melupakan apa yang SEDANG dibutuhkan orang tersebut. nah, kita harus jeli juga makanya, (jangan sok tau..nanti malah jadi provider yang salah) harus ngerti juga karakter2 orang tu beda2,..ada yang suka untuk cuma didengar (tanpa kita ngasih penyelesaian) ada yang butuh penghargaan bukannya dorongan yang cenderung menuntut. dibukunya Gary Chapman ada 5 kriteria bahasa kasih orang, ada orang yang lebih suka didengar, dikasih hadiah, butuh physical touch, tindakan bukan janji2 doang, butuh yang namanya kata2 peneguhan..macem2 karakter orang.
Yesus menyediakan waktunya untuk mengajar anak2NYA
nah, untuk jadi provider, kita perlu banget buat memahami karakter2 temen2 terkasih kita, supaya nggak jadi provider yang salah. jangan sampai sok jadi provider tapi lupa dan cuek ama apa yang bener2 SEDANG dibutuhin orang2 terkasih kita :D saat orang tua sedang butuh kita, mari kita jadi provider yang bener buat mereka ^^v

satu lagi, keluarga itu ibarat HOMEWORK (Pe-eR) buat kita..hati2..kalau 'tidak mau' 'mengerjakan' PR, maka akan ada 'orang lain' yang akan mengerjakannya, bahkan mereka akan mengerjakannya lebih giat..

3. Promise Keeper
(pemegang janji) bicara soal janji, siapa yang nggak pernah berjanji?? nggak ada kan.. tapi kalo nanya, siapa yang pernah ingkar janji?? o..o..oops ketauan..
sebenernya ketika seseorang menepati janjinya, dia lagi menunjukkan sikap menghargai yang tinggi terhadap diri sendiri dan orang lain. so, TEPATI JANJI. lebih baik kalo emang nggak mampu berjanji ya jangan janji, instead ucapkan 'aku nggak bisa janji, tapi aku akan berusaha melakukannya dengan baik..That's better daripada KEBANYAKAN OBRAL JANJI tapi hasilnya O (:baca:nihil).
nih, pas buat janji kita tuh lagi mempertaruhkan nama baik kita. makanya janji dan tepati dirimu sendiri. Apa Tuhan pernah mengingkari janjiNya???? NGGAK! 

contoh yg sedikit ekstrem, seorang pria yang janji sama istrinya (yang saat itu masih cantik, langsing, ramping, pokoknya body kayak gitar spanyol deh!:p) untuk setia padanya,.eh, begitu istrinya udah nggak kayak dulu (nggak langsing lagi tapi langsung) ehh..tu pria malah ingkar sama janjinya, nggak lagi setia sama istrinya.. apapun boleh berubah tapi biarlah janji yang telah kita ucapkan TETAP KITA TEPATI, layaknya sebuah komitmen dalam pernikahan, kita harus tetap pegang janji kita. ingat, ingkar janji=pengkhianat=coward :p so, ayo pegang janji :D

4. Perseverance
yang ke-4, kegigihan -> gigih untuk mempertahankan tantangan apapun yang dihadapi. dalam pernikahan demikian, begitu juga dalam keluarga, perlu kegigihan untuk menghadapi masa depan, nggak boleh menyerah, kalo menyerah, ya udah Selesai! keluarga emang nggak pernah lepas dari yang namanya masalah, soalnya dari situ kita dibentuk untuk lebih dewasa lagi dalam bersikap, masalah ada bukan untuk dihindari, tapi diselesaikan. 
buat yang udah menikah alias berkeluarga, ya harus gigih biar keluarga bertumbuh, jangan lengah, tau kok ketika berkeluarga masalahnya akan lebih complex daripada yang masih pacaran... eitss, tapi buat yang dalam masa pacaran nggak boleh anggap enteng juga, perlu adanya kegigihan juga! *masa cuman gara2 doi nggak bales sms langsung putus...gara2 doi boncengan sama yang lain, putus..haha..* 
ingat masalah keluarga jauh lebih besar daripada masalah pacaran. makanya itu, di tahap pacaran/tunangan, adalah masa untuk belajar menyelesaikan konflik! beda pendapat itu wajar, kalo CARI YANG SAMA DENGAN KITA NGGAK MUNGKIN ADA! JUSTRU yang BEDA itulah yang SALING MELENGKAPI :p

5. Problem Solver
ketika seseorang sedang memfokuskan diri untuk mejadi problem solver berarti dia sedang mengembangkan kreativitasnya. ayo bro and sis..kita belajar untuk menyelesaikan masalah. *masalah memang ada, tapi TUHAN janjikan kemenangan!* jadi mikir WAY-OUTnya aja, jangan malah nambah kisruh masalah, njelekin sana-sini, nambahin info ini itu..WAY-OUT! ingat WAY-OUT! jadi problem solver di keluarga ataupun pergaulan kita. :)


6. Protective
yang terakhir adalah protective atau perlindungan. seringkali orang defense dirinya terlalu berlebihan, orang yang punya defense yang over berarti dia sedang menunjukkan kualitas dirinya yang paling bobrok. seringkali orang terlalu mem'protect' dirinya sendiri sampai2 menyalahkan orang lain, bicara keras dan nyerocos supaya terdengar meyakinkan, tapi sebenernya itu konyol...ini bukan debat, dimana mereka yang nyerocos dan lantang yang menang, nggak ada yang mau ngalah. sebaliknya anak2 Tuhan harus mau bisa protect diri dan keluarganya dengan TEPAT! caranya? 
doa! doakan juga orang tuamu ketika mereka tertidur, kata pendeta saya tadi, dia pernah baca bahwa ketika seseorang tidur, roh mereka tetap terjaga, cuman jasmani mereka aja yang tidur, so doakan orang tua kita ketika tidur, (tetep setiap saat doakan mereka!) doa kita bisa memproteksi mereka!

YUK, LAKUKAN 6 P buat keluarga kita, supaya keluarga kita makin dipulihkan, bertumbuh dan diberkati Tuhan :D
SELAMAT MELAKUKAN 6 P ! TUHAN MEMBERKATI ^^v


Tidak ada komentar:

Posting Komentar