26/06/11

relationship part 2

kali ini saya mau nglanjutin firman Tuhan yang part 1 kemaren .. hehe..  tadi siang baru dapet lanjutannya dari pak pendeta, setelah nunggu 1 minggu dengan penuh penasaran..

oke, RELATIONSHIP kali ini lebih membahas hubungan kita dengan Allah :D, tentang bagaimana kita membangun persahabatan dengan Allah dalam hidup kita.. penting banget lho, guys :D
oke langsung aja, ya,, biar nggak penasaran :)

nah, saya mau membagikan tentang bagaimana membangun persahabatan dengan Allah, dan semoga bisa menjadi bahan perenungan bagi saudara :)

"saya dan saudara direncanakan bagi kesenangan Allah" 

"Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendakMu semuanya itu ada dan diciptakan." 

Wahyu 4:11


1. buka mata, buka telinga

yoh 15:15
Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tau, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari BapaKU.

maksudnya buka mata, buka telinga tuh terbuka, mau bicara semuanya nggak ada rahasia2an, tutupan ato apalah..kalo orang jawa bilang, bloko. :p
sama kalo lagi curhat sama sahabat2 kita, kita terbuka..ngomong a sampai z..
nah, hubungan kita sama Allah Bapa, juga harusnya kayak begitu, harus lebih malah... kita harus lebih terbuka sama Tuhan, bicara apapun itu, Tuhan seneng lho, kalo kita mau terbuka blak sama Dia, cerita semua apapun masalah kita, dari yang nggak penting sampai yang penting banget. Jangan dikira Tuhan bakal bosen dengerin curhatan kita, justru Dia seneng dan terus menanti-nanti cerita kita.Karena dengan begitu kita bisa tambah deket dengan Tuhan, bisa belajar juga denger suara Tuhan, dengan begitu kita bisa peka sama suara Tuhan :) bisa terus dibimbing dan dituntun Dia. 

trus, seperti hubungan pada umumnya, ada komunikasi dua arah.. komunikasi disini bukan sekedar ngomong, tapi memahami. Kalo kita mau terbuka sama Tuhan tentang masalah kita, trus yang jadi pertanyaan, mau nggak / bersediakah kita mendengar Dia bicara terbuka sama kita?? renungkan baik2.. 
simplenya: kalo Tuhan bilang, nik, Aku ndak suka sikapmu yang kayak gitu.. trus, kita mau nggak merubah sikap kita buat Tuhan??? *renungkan ya,. :D
mari terbuka blak sama Dia, satu hal lagi yang nggak kalah penting, jangan ada kepahitan, karena kepahitan adalah penghalangan terbesar terhadap persahabatan dengan Allah.

2. menaati Allah di dalam iman

yoh 15:14
Kamu adalah sahabatKu, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.


bisa menjadi sahabat Tuhan merupakan hal yang luar biasa, menjadi sahabat dari Sang Pencipta, wow..luar biasa!! baca lagi ayat diatas, kalo kita bersedia melakukan apa yang Dia mau, maka Dia adalah sahabat kita, dan seorang sahabat itu rela melakukan apapun buat sahabatnya. Sahabat kita yang satu ini, Tuhan Yesus, adalah sahabat yang paling sejati, kalo sahabat kita di dunia saja rela berkorban buat kita, menolong kita, memahami kita,, Tuhan lebih dari itu, guys!!! Dia akan membela kita, ketika semua telunjuk menuding kita, Dia akan berdiri buat kita!! Dia nggak akan tinggal diam kalo kita dipermalukan! 

Pendeta saya tadi cerita, pas dia kecil dia pengen banget punya sebuah raket, tapi dia cuman ngebatin, waktu itu papahnya nanya, 'kamu pengen ya?' , pendeta saya pas kecil nggak berani bilang, dia malah ngomong, 'nggak kok'. padahal dalam hatinya dia pengen banget >.< pagi harinya, pas dia bangun, tu raket udah ada di sampingnya! hahha,.. kayak gitu tuh, Tuhan juga bakalan ngasih ke kita apa yang kita butuhkan, tanpa kita bilang aja Dia tau kok, asalkan kita mau mentaati Dia di dalam iman... mungkin dan kebanyakan sulit, tapi mari ayo sama2 taat sama Tuhan di dalam iman :D SEMANGAT dan terus minta kekuatan dariNYA :D tetap PERCAYA

3. saya harus memilih menghargai apa yang Allah hargai

amsal 17:17
Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi saudara dalam kesukaran


untuk lebih memudahkan pemahaman di bagian 3 ini, pendeta saya kasih contoh: Tuhan menghargai waktu. Kita seringkan berdoa, “bla bla bla… Engkau pasti tidak pernah terlambat…. pertolonganMU tepat pada waktunya”.. see!? Tuhan menghargai waktu banget, Dia nggak pernah terlambat, nggak pernah tergesa-gesa, orang jawa bilangn ora kemrungsung..hehe.. :D
Tuhan menghargai waktu, maka kita pun juga harus menghargai waktu, misal jangan telat untuk kuliah, rapat, atau acara2 lain, emang cuman kita yang punya acara? orang lain juga, kale…hehe.. ayo menghargai waktu dengan memanfaatkannya sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin... chayo!!

4. tidak mendatangkan kecelakaan

amsal 18:24
Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara.

ya, kita memang butuh sahabat buat berbagi, di kampus, di tempat kerja, di manapun kita, kita pasti mengenal orang2 tertentu. Ada dua, teman dan sahabat, oke, mungkin teman kita banyak, bejibun..kenal sana kenal sini..tapi kalo yang namanya sahabat..pasti cuma beberapa, misal nih, kita punya temen berates-ratus, kita punya genk yang terdiri dari belasan orang, tapi yang paling deket..deket, klop banget sama kita paling 1 sampai 2 orang, nah,,itulah sahabat..lingkupnya lebih kecil daripada teman. Kita perlu punya sahabat, nggak asik kalo orang cuman hidup sendiri, kita butuh sahabat buat nge-back-up kita. Mulai dari share bareng, curhat apa aja, sampai bercanda bareng, yang terpenting, sahabat itu harus bisa menjaga rahasia, jangan yang ember *ups..siapa ya?? hehehe.. makanya hati2 cari sahabat,hehe,,minta tuntunan sahabat sejati kita, Tuhan Yesus, buat ngasi kita sahabat di dunia ini :D

banyak kasus sahabat lebih dekat daripada saudara (itu saya alami :p) yap, sekali lagi, mari jadi sahabat Allah :D 

5. hati yang murni

amsal 22:11
Orang yang mencintai kesucian hati dan yang manis bicaranya menjadi sahabat raja.



Bukan hanya kesucian hati yang dikehendakiNya, tapi juga perkataan yang manis. Hati yang murni identik dengan orang baik, tapi menurut saya tidak, karena dalamnya hati siapa yang tahu?! hehhe.. well, sebagai anak2 Tuhan, kita harus punya hati yang murni, mengejar kesucian hati, memiliki kerinduan dan kemauan untuk memiliki hati seperti hatiNYA, wahh.. indah sekali ya :) saya sempat membaca beberapa bab bukunya Max Lucado, yang Just like Jesus, disitu dibahas mengenai memiliki hati seperti hati Yesus, hati yang benar2 penuh kasih. hmm,, ayo kejar itu!! jangan lupa juga, Tuhan juga menghendaki perkataan manis keluar dari mulut kita, bukan malah yang menjatuhkan. Perkataan manis bisa ditunjukan dengan kata2 pujian, kata2 yang memotivasi, dan kata2 yang memberkati :D

oke, sekian..kiranya bisa menjadi bahan perenungan ya, bro..sis :D Tuhan Yesus memberkati!

PERCAYA DAN TERUS BERDOA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar