20/06/11

Relationship -part 1-

kali ini saya mau share mengenai relationship, topik yang sudah tidak asing lagi bagi kita. kebetulan, kemaren minggu, firman Tuhan juga membahas tentang relationship, jadi saya pengen membagikannya di sini :) selamat memahami :D

RELATIONSHIP bukan melulu tentang relationship antar hubungan kekasih, walaupun memang salah salah satunya itu. Tetapi di luar itu oula juga ada relatioship, dari lingkup yang paling kecil aja, hubungan kita dengan orang tua dalam keluarga, hubungan kita dengan teman baik teman kuliah, rekan kerja, ataupun teman main. Yang lebih penting lagi adalah hubungan kita dengan Bapa di Sorga. 

Kita harus pandai2 dalam menjalin hubungan, hubungan yang baik dan benar pasti akan menghasilkan hal yang baik juga, seperti itulah adanya.  

Ada 4 cara untuk membangun hubungan yang baik, langsung aja..
1. Bersyukur dan terima apa adanya

Kol 3:15
"Hendaklah damai sejahtera Kristus   memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah  kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh.   Dan bersyukurlah."

Seperti pada ayat tersebut, Bapa mengajar kita untuk terus bersyukur. Asal tau aja, dengan bersyukur dan menerima apa adanya, kita mampu menekan kenegatifan yang ada. Kasus bersyukur dan terima apa adanya dalam relasi adalah tidak mengeluhkan keadaan sesama kita, alias rekan2 kita. Kita justru harus bersyukur atas orang2 yang telah Bapa tempatkan dalam hidup kita. Kasus yang sering terjadi, ada teman, atau sapalah yang memiliki visi atau pun pandangan yang beda dengan kita, nah..seringkali orang itu nggak pikir panjang, langsung.. "ah,, aku nggak cocok sama pendapatnya, males ah!", hayoo sapa yang seringkali mengeluhkan keadaan orang yang nggak sejalan dengan kemauan kita??? *ngaku2...hhehehe... tau nggak??? kalo kita mau bersyukur dan menerima teman kita apa adanya, alias menghargai mereka, mereka akan merasa dirinya diterima, jadi nggak merasa tertolak gitu,.. justru dengan adanya perbedaan hidup ini indah, coba kalo sama semua..monoton,..lempeng2 aja... bosenlah! Hidup ini ibarat kanvas yang diwarnai, warna yang berbeda-beda akan menghasilkan coretan yang indah dan lebih beragam dari pada satu warna aja :D

2. Berikan AFIRMASI
Psalm 22:4
"Our fathers trusted in You; they trusted (leaned on, relied on You, and were confident) and You delivered them"

AFIRMASI alias PENGHARGAAN ternyata penting banget lo, meskipun simple. Afirmasi bisa kita berikian buat siapa aja, buat orang tua, teman, pacar, istri, suami, siapapun mereka. Kalo dipikir nggak ada ruginya kita berikan penghargaan / pujian buat orang, malahan kita bisa membuat mereka merasa dihargai. Perlu diketahui, AFIRMASI (penghargaan, pujian) akan MEMUNCULKAN SISI TERBAIK dari orang tersebut! KOK bisa??? pujian itu membuat orang merasa dihargai dan dianggap keberadaanya. misalnya, seorang pekerja deh, ketika atasannya memuji (memberikan penghargaan), pasti dia akan melakukan pekerjaanya dengan lebih baik lagi, karena merasa terpacu dengan penghargaan atasannya. Waktu itu, pendeta saya ngasih contoh dirinya sendiri, pas itu dia lagi mimpin doa perpisahan sekolah anaknya, selesai berdoa istrinya muji dia, 'kamu beda, kamu keren'.. kata pendeta saya, kata2 istrinya tersebut "sleerr...bgt di hati".. hahaha.. intinya gitu deh..pujian mampu mengeluarkan sisi baik seseorang! ayo berikan AFIRMASI kita buat Tuhan dan  buat orang2 sekitar kita! mari berlomba-lomba mengagungkan namaNYA!

3. Ada waktu bersama
yang ketiga ini, maksudnya... ada suatu waktu kita dengan sesama untuk sama2 share, menikmati waktu bersama, mengenal teman2 lebih dekat dalam hubungan saudara di dalam Tuhan. Dengan adanya waktu bersama, pasti sebuah hubungan akan terjalin lebih dekat. Sama dengan hubungan kita dengan Bapa di Sorga, kalo kita mau menyediakan waktu bersama dengan DIA, niscaya kita bisa semakin intim dengan DIA. Bangun saat teduhmu dengan DIA,.Bapa menanti kalian. Dia rindu anak2NYA bicara dan menyapaNYA. Saya sendiri merasakan, kalo pas doa ada perasaan dekat dengan Tuhan, rasanya nggak pengen kenyamanan itu berakhir. Buat kalian yang pernah ngerasain hal yang sama, pasti pengen, pengen dan pengen terus.. rasa damai sejahtera yang menentramkan.  Nah, kalo waktu bersama dengan sesama, ya itu tadi,, bisa dilakukan dengan share apa ajalah (asalkan yang positif) maka kita bisa mengenal pribadi satu dengan yang lain lebih dekat lagi. So, ayo bangun waktu bersama dengan Tuhan dan sesama :D SEMANGAT!!
4. Setia, be FAITHFULL
Nah, jangan lupa...dalam sebuah relasi, kesetiaan itu penting sekali. 

Amsal 20:6 Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya?

Kalo saya bilang. "SETIA" adalah dasar dari sebuah hubungan. Kesetiaan bener2 faktor yang essensial dalam sebuah hubungan, tanpa adanya kesetiaan maka semuanya ibarat rumah yang dibangun tanpa semen! SEKALI LAGI, KESETIAAN ITU PENTING!!! Orang baik memang banyak, tapi kalo setia susah dicari!! SO, jadilah yang susah dicari itu, JADILAH PRIBADI YANG SETIA! Setia di dalam Tuhan, setia dalam sebuah hubungan pria-wanita, setia dalam pendidikanmu dan setia sama apapun yang kalian tekuni! SETIA = KOMITMEN ! Yah, hal itu nggak bisa dipisahin! Hubungan kita denga Bapa, juga demikian, Bapa di Sorga setia buat kita, apapun keadaan dan lagi ngapain kita, DIA NGGAK PERNAH MENINGGALKAN KITA, sedetik pun!! Sekalipun kita sering terlena dengan tawaran2 dunia, DIA nggak pernah tuh ninggalin kita. Tapi ya jangan mentang2 Tuhan setia, kita bisa seenak jidat kita. Justru kita harus meneladani DIA dan belajar setia dalam setiap hubungan kita . Dalam sebuah hubungan (pria-wanita) juga sama, si pria hendaknya setia begitu juga si wanita. Ketika dua orang telah memutuskan untuk mengikat janji (alias menikah) hendaknya keduanya saling setia.. (masak kalah sama kuda laut, yang setia sama satu pasangannya sepanjang hidupnya???!!!!) Ayo, jadi setia dalam setiap hubungan yang kita bina!


MARI MEMBANGUN RELASI YANG BAIK!!!

*) tunggu lanjutan minggu depan yak!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar