13/03/11

Ciri-ciri Kerajaan Allah


Hmmm…Tadi dapet firman yang keren abisss!!! (bukan berarti yang lain ngga keren lho! soalnya yang ini pas banget sama apa yang sedang terjadi di sekitarku). Pendetaku (Koh Yotam namanya) menyampaikan firman tentang ciri2 Kerajaan Allah, soalnya tema bulan ini di gereja ku adalah “THY KINGDOM COME”. Sekedar pengen share aja sihh…
Jadi ada 5 ciri2 Kerajaan Allah, yaitu :

1. Kerajaan Allah adalah INKLUSIF (bukan Ekslusif)
Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
                 
Seperti buku yang pernah saya baca (I kissed dating Goodbye), walaupun beda konteks tapi intinya sama. Sebagai orang Kristen kita haruslah inklusif, bukan ekslusif!!! Gini, kita ngga boleh memilah-milah dalam bergaul, apalagi pas masalah tolong menolong. Jangan ragu2 nolong sesama kita, sekalipun dia belum percaya sama Tuhan, karena ya itu tadi, Kerajaan Allah kan bersifat INKLUSIF!! Menyebar ke mana2, engga mengasingkan diri..liat kan ayatnya, “pergilah” bukan “berkumpulah” :)

2. Kerajaan Allah dimanifestasikan secara natural
1 Tes 1:8 Karena dari antara kamu firman Tuhan bergema bukan hanya di Makedonia dan Akhaya saja, tetapi di semua tempat telah tersiar kabar tentang imanmu kepada Allah, sehingga kami tidak usah mengatakan apa-apa tentang hal itu.

Nah, yang ini artinya apa?? yang ini maksudnya kita harus bisa menerjemahkan Kerajaan Allah secara natural, jadi lebih ke pada pengejawantahan, penerapan hidup Kristen dalam kehidupan sehari. Ngga perlu terlalu teoritis dan sok rohani gitu, ntar kalo ternyata hidupnya amburadul kan sama juga bohong!! Wujudkan sikap hidup Kristen dalam kehidupan sehari-hari, biar semua orang tau tentang Tuhan. Intinya sih lebih ke sikap hidup / realities, bukan Cuma teori alias omong doing, tapi justru prakteknya mentang jauuuhh banget..ngga bagus kan!! Yang penting itu kita bisa mencerminkan karakter Kristus dalam kehidupan sehari-hari. Oke, brothers and sisters???!

3. Progresif, dinamis, kreatif
Yoh 3:5-8 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air  dan Roh,   ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. 3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. l  3:7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. 3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh ."

Tadi pendetaku pakai perumpamaan air. Gini, air itu akan memiliki bentuk yang sesuai dengan wadahnya. Air yang dituangkan ke gelas akan berbentuk gelas, tapi ketika kita menuangnya di sebuah cawan, maka bentuknya pun mengikuti cawan tersebut. Nah, seperti itu lah hidup kita harusnya, bisa masuk ke lingkungan manapun tanpa memeperhatikan embel2 yang lain. Dan tentu saja, sebagai anak Tuhan, kita harus terus progresif, dinamis dan juga kreatif!!!

4. Kerajaan Allah yang melayani
Wah 5:9-10 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. 5:10  Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."
Kerajaan Allah yang melayani. yep! Tadi gini, ada 3 aspek yang penting yang diterjemahkan dalam 3 lingkaran. Lingkaran pertama A berisi tentang kita (skill, kepandaian, talenta yang Tuhan berikan), sedangkan lingkaran B tentang dunia (ekonomi, social, trus yang berkaitan dengan pekerjaan) sedangkan yang ke 3, yaitu lingkaran C adalah Tuhan (rencana Tuhan). Lebih jelasnya liat gambar di bawah ini:


Kita ngga bisa gitu aja meninggalkan salah satu dari 3 lingkaran itu, misal ni, kita Cuma punya A dan C, dan ngga menggunakan A kita di B (kayak hamba yang terus menyimpan talenta yang diberikan Tuhan), lagi misal punya B dan C tapi ngga punya A, sama juga boong. Gini, rajinn banget doa, doa puasa, kontak doa, doa menara jaga, apapun itu tapi ketika melamar pekerjaan, ditanyai, “bisa bahasa inggris?” engg…tau kan? Parahnya lagi punya A dan B tapi ngga punya C…sapa donk yang kita andalkan?? Pokoknya ketiganya harus kompak! Perhatiin deh, kalo ketiga lingkaran itu makin deket, berarti fruit-full area nya makin gede kan?!!! KEERRENN!!

5. Kerajaan Allah tak tergoncangkan
Ibr 12:28 Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.

Ini juga keren.. kalo kita punya Kerajaan Allah, jangan pernah takut apapun! Karena kerajaan Allah itu tak tergoncangkan!!! Study, pekerjaan, keadaan ekonomi yang ngga pernah menentu, rekan yang kadang nyebelin, diremehin, di pandang sebelah mata, apapun masalahnya, jangan takut…Memang sih sebagai manusia, wajar buanget kuatir, takut, cemas sama masalah yang ada, tapi ingat kita ngga sendiri. Tuhan selalu ada buat anak2Nya. 

Nah…ayo terapkan ciri2 Kerajaan Allah dalam hidup kita biar namaNYA semakin dimuliakan dalam hidup kita!!! So semangat terus ya!!!! Tuhan memberkati!!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar