18/03/11

MEGAMIND

Satu lagi animasi persembahan DREAMWORKS,, it’s.. MEGAMIND!!!! Film animasi ini masih berkisah tentang super hero. Megamind, Metro man dan juga Roxanne Richi 3 tokoh yang menonjol di film ini, dan 3 tokoh keren juga yang mengisi suara mereka, Will Ferrell, Brad Pitt, dan comedian cantik Tina Fey. Menurutku sih bagus filmnya, jadi film ini berawal dari adanya gempa, something like that di ruang angkasa. Waktu itu megamind yang masih berusia 8 hari terpaksa dilarikan untuk diselamatkan dengan UFOnya. Ditemani dengan Minion dan binkie-nya, kedua orang tuanya melepasnya. Ketika perjalanan menuju bumi untuk menemui takdirkan dia bertemu dengan metro man kecil. Kedua nya bertemu di sebuah sekolah, dan memang awalnya keduanya memang sepasang rival. Ditambah lagi kehadiran Roxanne, seorang reporter Metro City yang selalu meliput kejadian di kota tersebut.
Megamind dan Metro man memiliki kepribadian yang berbeda, berawal dari sekolah itu mereka sudah bersaing. Basically, Megamind diasuh oleh para narapidana gara2 dia jatuh di sana dan dia diajar begitu banyak ditambah otaknya yang super jenius. Di sisi lain, Ufo milik Metro man jatuh di keluarganya kaya, dan dia selalu mendapatkan apa yang dia inginkan. Metro man berkali-kali mendapatkan penghargaan dari orang2 disekitarnya karena perbuatan mulianya, sedangkan ketika suatu hari Mega mind juga ingin membuat pop corn (dengan caranya sendiri) malahan hampir membakar ruang kelasnya. Dari situlah, Megamind memutuskan untuk menjadi orang jahat, karena percuma dia selalu kalah dari Metro man, dia merasa selalu menjadi yang paling terakhir, orang2 disekitarnya merendahkannya.
Muncullah, si jahat Megamind dan juga si penyelamat Metro man, keduanya bertarung dan terus saja bersaing. Sampai di hari pembukaan museum untuk Metro man, Roxanne diculik oleh Megamind. Metro man datang, tapi dia kalah dan mati (begitu pikir semua orang saat itu).
Singkat cerita, Megamind merasa hampa tanpa kehadiran Metro man, percuma saja dia menjadi jahat kalo tidak ada yang menentangnya, begitu pikirnya. Maka dari itu dia menciptakan seorang pahlawan dan tidak sengaja, hasil ekstrak yang telah diciptakannya mengenai Hall, cameramen yang bekerja dengan Roxanne dan sekaligus naksir Roxanne. Tapi semua diluar kendali Megamind akhirnya, bukan menjadi pahlawan tapi Titan (sebutan untuk Hall setelah menjadi pahlawan) justru menjadi jahat, dia merasa ditipu oleh Megamind yang telah menyamar menjadi ayah luar angkasanya, Minion yang menyamar menjadi ibu angkat dan juga Bernard yang mencium Roxanne.
Megamind bertarung dengan makhluk ciptaannya sendiri. Wow..tapi semua itu mendatangkan hikmah, Roxanne yang dulu mencampakannya kini berpihak padanya. Selain itu, diketahui bahwa ternyata Metro Man mashi hidup!!!! Dia sudah bosan menjadi apa yang diinginkan warga Metro City, sedangkan dia tidak pernah benar2 menjadi apa yang dia inginkan…yaitu main musikk…wkwkwk..konyol!!!
In brief, Megamind berhasil mengalahkan makhluk ciptaanya sendiri dan warga Metro City kaget tidak percaya kalo yang meneyelamatkan mereka adalah Megamind. Kehidupan membaik bagi semua orang, termasuk hubungan Roxanne dan Megamind..dan warga membuat museum untuk Megamind..hahaha… bagus sih, kalo aku bilang banyak nilai2 yang bisa dipetik :D

13/03/11

Ciri-ciri Kerajaan Allah


Hmmm…Tadi dapet firman yang keren abisss!!! (bukan berarti yang lain ngga keren lho! soalnya yang ini pas banget sama apa yang sedang terjadi di sekitarku). Pendetaku (Koh Yotam namanya) menyampaikan firman tentang ciri2 Kerajaan Allah, soalnya tema bulan ini di gereja ku adalah “THY KINGDOM COME”. Sekedar pengen share aja sihh…
Jadi ada 5 ciri2 Kerajaan Allah, yaitu :

1. Kerajaan Allah adalah INKLUSIF (bukan Ekslusif)
Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
                 
Seperti buku yang pernah saya baca (I kissed dating Goodbye), walaupun beda konteks tapi intinya sama. Sebagai orang Kristen kita haruslah inklusif, bukan ekslusif!!! Gini, kita ngga boleh memilah-milah dalam bergaul, apalagi pas masalah tolong menolong. Jangan ragu2 nolong sesama kita, sekalipun dia belum percaya sama Tuhan, karena ya itu tadi, Kerajaan Allah kan bersifat INKLUSIF!! Menyebar ke mana2, engga mengasingkan diri..liat kan ayatnya, “pergilah” bukan “berkumpulah” :)

2. Kerajaan Allah dimanifestasikan secara natural
1 Tes 1:8 Karena dari antara kamu firman Tuhan bergema bukan hanya di Makedonia dan Akhaya saja, tetapi di semua tempat telah tersiar kabar tentang imanmu kepada Allah, sehingga kami tidak usah mengatakan apa-apa tentang hal itu.

Nah, yang ini artinya apa?? yang ini maksudnya kita harus bisa menerjemahkan Kerajaan Allah secara natural, jadi lebih ke pada pengejawantahan, penerapan hidup Kristen dalam kehidupan sehari. Ngga perlu terlalu teoritis dan sok rohani gitu, ntar kalo ternyata hidupnya amburadul kan sama juga bohong!! Wujudkan sikap hidup Kristen dalam kehidupan sehari-hari, biar semua orang tau tentang Tuhan. Intinya sih lebih ke sikap hidup / realities, bukan Cuma teori alias omong doing, tapi justru prakteknya mentang jauuuhh banget..ngga bagus kan!! Yang penting itu kita bisa mencerminkan karakter Kristus dalam kehidupan sehari-hari. Oke, brothers and sisters???!

3. Progresif, dinamis, kreatif
Yoh 3:5-8 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air  dan Roh,   ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. 3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. l  3:7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. 3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh ."

Tadi pendetaku pakai perumpamaan air. Gini, air itu akan memiliki bentuk yang sesuai dengan wadahnya. Air yang dituangkan ke gelas akan berbentuk gelas, tapi ketika kita menuangnya di sebuah cawan, maka bentuknya pun mengikuti cawan tersebut. Nah, seperti itu lah hidup kita harusnya, bisa masuk ke lingkungan manapun tanpa memeperhatikan embel2 yang lain. Dan tentu saja, sebagai anak Tuhan, kita harus terus progresif, dinamis dan juga kreatif!!!

4. Kerajaan Allah yang melayani
Wah 5:9-10 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. 5:10  Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."
Kerajaan Allah yang melayani. yep! Tadi gini, ada 3 aspek yang penting yang diterjemahkan dalam 3 lingkaran. Lingkaran pertama A berisi tentang kita (skill, kepandaian, talenta yang Tuhan berikan), sedangkan lingkaran B tentang dunia (ekonomi, social, trus yang berkaitan dengan pekerjaan) sedangkan yang ke 3, yaitu lingkaran C adalah Tuhan (rencana Tuhan). Lebih jelasnya liat gambar di bawah ini:


Kita ngga bisa gitu aja meninggalkan salah satu dari 3 lingkaran itu, misal ni, kita Cuma punya A dan C, dan ngga menggunakan A kita di B (kayak hamba yang terus menyimpan talenta yang diberikan Tuhan), lagi misal punya B dan C tapi ngga punya A, sama juga boong. Gini, rajinn banget doa, doa puasa, kontak doa, doa menara jaga, apapun itu tapi ketika melamar pekerjaan, ditanyai, “bisa bahasa inggris?” engg…tau kan? Parahnya lagi punya A dan B tapi ngga punya C…sapa donk yang kita andalkan?? Pokoknya ketiganya harus kompak! Perhatiin deh, kalo ketiga lingkaran itu makin deket, berarti fruit-full area nya makin gede kan?!!! KEERRENN!!

5. Kerajaan Allah tak tergoncangkan
Ibr 12:28 Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.

Ini juga keren.. kalo kita punya Kerajaan Allah, jangan pernah takut apapun! Karena kerajaan Allah itu tak tergoncangkan!!! Study, pekerjaan, keadaan ekonomi yang ngga pernah menentu, rekan yang kadang nyebelin, diremehin, di pandang sebelah mata, apapun masalahnya, jangan takut…Memang sih sebagai manusia, wajar buanget kuatir, takut, cemas sama masalah yang ada, tapi ingat kita ngga sendiri. Tuhan selalu ada buat anak2Nya. 

Nah…ayo terapkan ciri2 Kerajaan Allah dalam hidup kita biar namaNYA semakin dimuliakan dalam hidup kita!!! So semangat terus ya!!!! Tuhan memberkati!!! :D

12/03/11

I Kissed dating goodbye


Sebuah buku tentang menjalin hubungan (yang ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan, jika memang itu hubungan yang sungguh2) , yang lebih menekankan pada pemanfaatan waktu selama masa lajang dan tidak wasting time untuk mencari kencan alih2 mengikuti komunitas :p Berbagai kisah pasangan kekasih ikut menghiasi halaman dalam buku ini. Joshua Harris begitu gamblang menceritakan kisahnya sendiri semasa muda. 

Buku ini bagus sekali, mengajarkan kita untuk berkomitmen serta mempersiapkan diri untuk masa depan. Setelah membaca buku ini ada kesimpulan yang saya ambil, yaitu dalam menjalin sebuah hubungan itu perlu adanya komitmen, tidak mudah untuk berkomitmen karena godaan juga terus bekerja, tapi ketika kita mau sungguh2 komitmen dan melakukannya, Tuhan pasti kasih kekuatan.Kagum dengan salah satu kisah, di mana ada sepasang kekasih yang berpacaran dan saling menunggu untuk membagikan ciuman pertama mereka ketika mereka tiba di depan altar >.<  hubungan yang tidak mengatasnamakan nafsu diatas cinta.. how romantic!!!

Cocok sekali bagi kaum single/lajang..buku ini mengajarkan banyak hal. SUNGGUH.
Di sini Joshua mengajarkan kepada kita melalui masa mudanya yang lumayan sedikit nakal..hahaha... menjalin hubungan dengan gadis2 yang ujung2nya hanya untuk kesenangannya. Tapi setelah nya dia menyadari, bahwa dia harus menghentikan kencan dan berfokus pada masa lajangnya.
Kisah cinta-hubungan sepasang kekasih jaman sekarang turut mengisi buku ini.
Pokoknya bagus,..hahahaha....

satu lagi, "BERSEMANGATLAH KETIKA MENUNGGU"