13/02/11

Eternal Sunshine of the Spotless Mind


Dibintangi Jim Carrey (Joel Barish), Kate Winslet (Clementine), Mark Ruffalo (Stan), Kirsten Dunst (Mary), dan Elijah Wood (Pattrick). Menceritakan kisah cinta antara Joel dan Clementine. Film ini diawali dengan pertemuan kedua mereka setelah kejadian2 di masa lalu, di mana mereka adalah sepasang kekasih. Sedikit kompleks tapi bagus ceritanya :) love it!

Joel dan Clementine pertama kali bertemu di sebuah pantai, dari situlah mereka mulai menjalin hubungan yang lebih dekat. Banyak hal yang terjadi diantara mereka, perbedaan pendapat dan masih bayak hal yang mewarnai kehidupan mereka berdua. Suatu hari Clementine memutuskan untuk menghapuskan semua ingatan yang berhubungan dengan Joel, karena dia merasa bosan dengannya. Clementine pergi ke dokter Howard Mierzwiak (Tom Wilkinson).

Kejadian setelah pertemuan kedua mereka, Clementine diantar pulang untuk sikat gigi oleh Joel dan akan memutuskan untuk bermalam di rumah Joel.
Setelah Clementine menghapus ingatannya tentang Joel, yang jelas tanpa sepengatahuan Joel, dia bekerja di sebuah toko buku. Waktu itu Joel datang dan akan memberikan hadiah Valentine, tapi apa yang terjadi. Clementine tidak menganalinya sama sekali bahkan dia telah berpacaran dengan Pattrick. Mengetahui hal itu Joel frustasi, dia baru mengetahui hal itu setelah pergi ke tempat temannya dan mereka memberi tahu bahwa Clementine telah mengahapus Joel dari hidupnya. Merasa dikihianati, Joel melakukan hal yang sama, dia pergi ke dokter Howard dan membawa segala benda yang ada hubungannya dengan Clementine. Stan dan Pattrick lah yang melakukan proses penghilangan ingatan tersebut. Proses penghilangan ingatan itu, memutar kembali kejadian2 yang pernah mereka alami, semuanya tanpa terkecuali. Tapi di tengan2 proses itu, Joel ingin menyimpan sedikit dari kenangan bersama Clementine. Joel berusaha menghentikan prose situ, dia berteriak dalam alam bawah sadarnya, tapi Stan yang saat itu sedang ‘menggila’ bersama Mary tidak mendengarnya, sedangkan Pattrick pergi kepada Tangerine-Clementine.

Tiba2 mesin berhenti menghapus memori, Stan kelabakan dan tidak tau apa yang harus dilakukan. Dia menelepon dr.Howard. Ketika itu dr.Howard mendeteksi bahwa Joel menghilang karena berusaha menggagalkan proses itu dengan cara pergi ke masa lalu, di mana Clementine belum mengenal Joel, tapi mereka bisa ke waktu itu berdua..haha.bingung ngga??? pergi ke masa lalu sebelum Joel mengenal Clementine intinya..hahaha…

Sialnya, dr.Howard berhasil menarik Joel kembali dan proses berlanjut. Ketika dr.Howard akan pergi Stan memanggilnya lagi, Joel hilang dari deteksi. Benar saja Joel mengajak Clementine ke masa kecilnya namun hal itu berhasil dihentikan dr.Howard. Akhirnya ketika sampai pada ingatan dimana mereka bertemu pertama kali, ketika Joel akan pergi Clementine membisikan sebuah kalimat, bahwa Joel harus menemuinya di Montauk. Proses penghilangan ingatan selesai, tak satupun mampu diselamatkan Joel.

Balik lagi ke awal, ke pertemuan kedua mereka yaitu Montauk. Joel yang saat itu akan bekerja, tiba2 dipimpin alam bawah sadarnya untuk pergi ke Montauk. Takdir menemukan mereka, Clementine yang waktu itu juga ada di sana sebagai pribadi yang baru. Keduanya berkenalan dan menjadi akrab….cerita berlanjut lagi..ke bagian Clementine turun dari mobil untuk sikat gigi. Ketika akan keluar dia menemukan sebuah paket berisi surat dan kaset. Diputarlah kaset itu di mobil Joel, ternyata kaset itu adalah hasil rekaman pengakuan sebelum Clementine melakukan operasi penghilangan ingatan. Joel juga menerimanya. Kedua kaset itu datang dari Mary, asisten dr.Howard. (hal itu dilakukan Mary setelah dia tau, bahwa dia juga melakukan proses hilang ingatan karena dirinya yang mencintai dr.Howard yang sudah berkeluarga).

Akhir cerita, penghapusan memori itu hanya berlaku sementara waktu. Joel dan Clementine kembali bersatu, walaupun sempat sebal mendengar rekaman tadi. Tuhan menakdirkan mereka untuk bersatu dan tidak ada yang bisa menghalanginya, sekalipun proses penghilangan memori itu :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar