25/06/10

Sweeney Todd-The Demon Barber of Fleet Street

Lagi-lagi karya Tim Burton:) 
Sweeney Todd merupakan film yang dialognya kebanyakan dilakukan dengan cara bernyanyi. Di film ini, Johhny Depp berperan sebagai seorang barber.Sweeney Todd memiliki seorang istri yang sangat cantik, yang benar-benar dicintainya.
Dari pernikahannya, dia memiliki seorang anak gadis yang sangat cantik. Sampai akhirnya, sewaktu mereka berjalan-jalan, nampaklah pada pandangan hakim Turpin, dia terpesona pada kecantikan paras istri Sweeney dan dia sangat mengingininya.
Apapun dilakukannya hingga pada akhirnya, dia berhasil merebut istri Johhny Depp dan juga putrinya.

Perjalanan di awali ketika dia ada di kapal bersama dengan seorang pemuda, Anthony.
Beberapa waktu kemudian, Sweeney Todd datang lagi, tepat di Fleet Street dia tinggal, di sana dia bertemu dengan Mrs.Lovett, penjual pie, dan tinggal di sana.
Di situ, Mrs.Lovett bercerita tentang kisah Benjamin Barker, sebelum akhirnya dia menyadari bahwa pris yang berdiri di depannya adalah Benjamin Barker, seorang barber yang istrinya dicuri oleh Hakim Turpin. Benjamin Barker terkejut ketika Mrs.Lovett menyadari bahwa dialah orang Benjamin Barker.
Saat itu, Mrs.Lovett mengatakan bahwa istrinya telah minum racun, karena tidak tahan hidup bersama Hakim itu. Kemudian dikeluarkannyalah beberapa pisau cukur mengkilap dari sebuah kotak yang tersimpan di atap rumah itu dan diberikannyalah pada Benjamin Barker.
Mengetahui hal tersebut, Benjamin memutuskan untuk melakukan balas dendam pada Hakim Turpin. Agar tidak dikenali banyak orang, maka dia mengganti namanya menjadi Sweeney Todd.

Sweeney Todd memulai pencarian terhadap Hakim Turpin. Di sebuah pasar di Fleet Street dia menemukan ajudan Hakim tersebut. Kebetulan di sana ada seorang tukang cukur juga yang sedang mendemomstrasikan produk barunya. Dari situ Sweeney terntantang untuk menandingi keahlian tukang cukur tersebut. Dia meminta ajudan Hakim Turpin untuk bertindak sebagai juri.
Battle tersebut di menangkan oleh Sweeney. Tak lama kemudian, tukang cukur tersebut mendatangi Sweeney di rumah Mrs.Lovet. Dan ternyata dia mengenali bahwa Sweeney adalah Benjamin Barker, tentunya Sweeney kaget dengan pernyataan itu. Tukang cukur tersebut adalah mantan pembantunya ketika dia menjadi tukang cukur di masa lalu.
Tanpa pikir panjang, Sweeney membunuhnya! ya, dengan pisau cukurnya! karena dia takut jati diri yang sebenarnya akan terungkap.
Dari situlah dia mulai aksi pembunuhannya...hahahha... film ini cukup mengagetkan!

Di rumah hakim Turpin, Joanna, putri semata wayang Sweeney di kurung di kamarnya. Saat itu Joanna menyanyi di dekat jendela dilihatnyalah seorang pemuda (yang ternyata Anthony) sedang memperhatikannya. Dari situlah timbul keinginan di hati pemuda untuk membebaskan Joanna.
Pergilah pemuda itu ke Sweeney dan memberitahukan bahwa Joanna sedang disekap. Takdir telah menemukan mereka, ya... kebetulan sekali gadis yang disekap itu adalah Joanna. Mereka harus segera menyelamatkannya sebelum hakim Turpin meminang Joanna untuk menjadi istrinya.
Di rumah Mrs. Lovet, Sweeney gencar melakukan usaha balas dendamnya.

Usaha pie Mrs.Lovett pun sepertinya menemui titik terang setelah Sweeney membunuh tukang cukur tersebut. Mrs.Lovett membuka kembali toko pie'nya dan ternyata banyak sekali yang datang. Selidik punya selidik, ternyata daging yang digunakan untuk pie adalah daging dari tukang cukur (orang makan orang! yucks!).

Siang harinya datanglah ajudan hakim Triump, dia datang karena mendapat laporan dari warga tentang keluhan mereka terhadap cerobong rumah Mrs.Lovett yang selalu mengeluarkan bau busuk. Takut ketahuan, maka Sweeney pun dengan sigap memberi tawaran mencukur pada ajudan tersebut. Akhirnya ajudan pun men'iya'kan tawaran tersebut.
Apa yang terjadi??? Hahaha...mati juga! Sweeney membunuh orang (lagi), usaha pie Mrs.Lovett semakin lancar saja sepertinya..hahaha...

Kemudian terdengar kabar, bahwa Joanna dilarikan ke rumah sakit jiwa oleh hakim Turpin dengan tujuan pemuda tadi tidak menemuinya lagi. Gusarlah hati pemuda yang sedang jatuh cinta itu, lalu datanglah ia ke Sweeney. Penyamaran pun menjadi pilihan untuk menyelamatkan Joanna. Malam hari, pemuda itu datang ke rumah sakit jiwa dan akhirnya didapatilah Joanna dan di bawanya ke rumah Mrs. Lovett, tepatnya di atap rumahnya.
Hakim Turpin datang kedua kalinya ke barber Sweeney dan saat itu, Sweeney sudah tidak bisa lagi membendung rasa ingin balas dendamnya, matilah hakim itu dengan sayatan pisau cukur Sweeney (dan pasti daging pie pun bertambah).
Joanna bersembunyi di kotak peti atap rumah Sweeney, ketika seorang perempuan tua (berpenampilan mirip nenek sihir) datang, sepertinya dia menyadari keberadaan Joanna. Perempuan itu menyanyikan sebuah lagu, seperti memanggil anaknya.
Sweeney datang dan mendapati perempuan itu, seperti biasa dia langsung membunuhnya setelah wanita itu berkata, "sepertinya aku mengenalimu". Matilah dia!

Di dalam ruangan tempat pengolahan daging manusia, Mrs.Lovett mengenali perempuan yang baru saja dibunuh Sweeney. Turunlah Sweeney ke ruangan itu juga, karena dia ingin bertemu Mrs.Lovet. Betapa kagetnya Sweeney saat dia mengetahui, bahwa wanita tua tadi TERNYATA ISTRINYA!!! Betapa dia menyesal... tak heran jika wanita tadi berkata, "sepertinya aku mengenalimu".
Merasa di khianati Mrs.Lovett, marahlah dia dan perdebatan pun dimulai. Sweeney meminta penjelasan dari Mrs.Lovett, mengapa dia membohonginya. Mrs.Lovett pun menjawab, bahwa dia memang tidak mengatakan istrinya mati, dia hanya mengatakan bahwa istrinya meminum racun. Mrs.Lovet juga mengatakan dia tidak memberitahunya karena Mrs.Lovet mencintai Sweeney (betapa egoisnya).
Tak terima dengan apa yang dilakukan Mrs.Lovett, maka Sweeney melemparkan Mrs.Lovett ke tungku pemanas dan Mrs.Lovett pun mati.
Akhir cerita Sweeney pun mati di tangan seorang anak laki-laki yang dipekerjakannya (yang dulu menjadi budak tukang cukur yang juga dibunuh Sweeney)
dengan istrinya dipangkuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar